03 September, 2009

Doa seorang petani

Seorang sahabat, yang pekerjaannya menanam dan menjual bibit-bibit tanaman, menginspirasikan sebuah do'a kepada kami.

"
Ya Allah, Engkaulah pemilik segala kekuatan maka kuatkanlah hambamu ini beribadah hari ini. Ya Allah yang Maha Hidup, jadikanlah bibit-bibit yang hamba tanam hari ini hidup dan tumbuh sebaik-baiknya dan menjadi rejeki bagi hamba untuk menafkahi keluarga dan menyantuni mereka yang membutuhkan.

Ya Allah, Engkaulah yang Maha Mengatur segala urusan di bumi ini. Karena itu ya Allah, jadikanlah tanaman yang hamba tanam hari ini tumbuh sehat sempurna sehingga memberikan keindahan dan kenyamanan bagi semua makhlukMu yang hidup di sekitarnya. Jadikan pula dengannya daurh hidup berbagai makhlukMu berlangsung dengan sebaik-baiknya dan memberi manfaat sebanyak-banyaknya kepada para makhlukMu yang lain.
Jadikanlah itu shodaqoh hamba beserta mereka yang ikut merawat tanaman itu semuanya.

Ya Allah, jadikanlah tanaman itu bekerja sempurna menghasilkan oksigen sehingga menjadi jalan rahmatMu bagi makhluk-makhluk di sekitarnya. Jadikan pula seresah tanaman ini sebagai penyubur tanah ciptaanMu di berbagai tempat dan menjadi jalan rahmadMu dengan menyuburkan bumi dan menggembirakan mereka yang tinggal di atasnya.
Dan, jadikanlah itu sebagai amal hamba dan orang-orang yang merawatnya yang menjadikan berat timbangan kebaikan hamba di sisiMu.

Ya Allah, Engkaulah Maha Pemberi Rejeki. Maka, hamba memohon kepadaMu ya Allah, sempurnakan perakaran tanaman yang hamba tanam hari ini agar menjadikannya dapat menahan air yang kemudian memberi kehidupan kepada makhluk-makhlukMu di sekitarnya yang membutuhkan. Jadikan pula perakaran tanaman tersebut mencegah erosi dan menyelamatkan makhluk-makhlukMu di sekitarnya dari bahaya banjir, kekeringan, dan kerusakan lingkungan. Ya Alah yang Maha Pemurah, jadikanlah hal tersebut amal jariyah hamba dan orang-orang yang memeliharanya.

Ya Allah, Engkaulah yang Maha Kaya dan kami sungguh-sungguh miskin, sungguh-sungguh dhoif. Karena itu ya Allah, tumbuhkanlah dengan sempurna tanaman ini agar orang-orang dapat menerima rezekiMu dari buah-buahannya, dari dedauanannya, dan dari semua bagian tanaman yang hamba tanam ini. Berkahkanlah rezeki tersebut bagi mereka dan ikutkanlah hamba sebagai orang yang Kau perhitungkan menjadi jalan rezeki mereka.

Ya Allah, Engkaulah yang Maha Memelihara. Maka, mudahkanlah hamba dan sesiapa saja yang ikut merawat tanaman ini menjaganya dari kerusakan-kerusakan. Tumbuhkanlah tanaman tersebut dengan sempurna sehingga berkembang biak, beranak-pinak dengan sebaik-baiknya. Dan jadikanlah semua keturunan tanaman ini memberikan manfaat sebagaimana induknya, serta jadikanlah manfaat-manfaat tersebut amal jariyah bagi hamba dan semua orang yang ikut memeliharanya.

Ya Allah, kabulkanlah permohonan hamba ini. Karena hamba yakin Engkau adalah Maha Pengabul segala doa.
"

Terima kasih sahabat, berkat engkau kepalaku semakin tertunduk - malu aku akan hidupku bila kelak dipertanyakan di hari perhitungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar